Friday, February 25, 2011

Bocah Ini Harus Pakai Kacamata Hitam Agar Bisa Melihat



Umumnya seseorang hanya mengalami buta warna tertentu saja, tapi tidak bagi Harvey Webb. Ia mengalami buta warna langka yang membuatnya hanya bisa melihat warna hitam dan putih, serta harus pakai kacamata hitam agar bisa melihat.

Harvey Webb (3 tahun) memiliki kondisi langka yang membuatnya tidal bisa melihat jika ada cahaya sehingga harus menggunakan kacamata khusus hitam untuk membantunya melihat. Lingkungan yang gelap membantu Harvey untuk melihat, karenanya rumah mereka di Tonbridge, Kent tertutup oleh tirai.

Kondisi yang dialami oleh Harvey dikenal sebagai achromatopsia yang berarti ia buta warna dan hanya bisa melihat dunia dalam warna hitam dan putih saja. Ia pun tidak akan pernah bisa melihat matahari terbit dan tenggelam karena matanya tidak dapat menangkap cahaya.

"Kita harus membuat segalanya gelap sehingga memungkinkan baginya untuk bisa melihat," ujar sang ayah Andy (34 tahun), seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (26/7/2012).

Sementara itu sang ibu Louise (35 tahun) menambahkan ketika ia pertama kali pindah rumah, keluarga ini sempat merasa khawatir jika nanti para tetangga benar-benar berpikir ia tidak bersahabat karena tirai rumahnya selalu tertutup. Keluarga ini harus menjaga rumahnya tertutup untuk mencegah sinar matahari yang masuk.

Selain itu Harvey pun harus memakai kacamata khusus yang diresepkan oleh dokter, kacamata ini dirancang untuk mencegah cahaya dan sebisa mungkin hanya 10 persen cahaya yang masuk. Kondisi ini membatasinya bermain di luar terutama saat hari cerah.

"Ini kadang membuat frustasi karena orang berpikir kacamata itu dipakai hanya untuk membuat anaknya terlihat keren dan fashion, padahal ia hampir tidak bisa melihat jika tidak menggunakan kacamata tersebut," ujar Louise.

Harvey pertama kali didiagnosa Achromatopsia di Moorfields Eye Hospital, London pada Desember 2009 setelah orangtuanya menyadari bahwa anaknya mengalami kesulitan fokus saat melihat. Awalnya orangtua yakin Harvey memiliki kondisi yang disebut Nystagmus, tapi ternyata dugaannya salah.

Sekitar 7 bulan berikutnya dokter pun memberitahu bahwa Harvey memiliki achromatopsia yang membuatnya tidak bisa melihat dunia layaknya orang normal. Kondisi ini mempengaruhi 1 dari 350.000 orang yang disebabkan oleh sel yang bertanggung jawab untuk warna dan sensitivitas cahaya di mata tidak berfungsi.

"Anak-anak biasanya mempelajari berbagai macam hal melalui penglihatan dan pengamatan di luar, tapi dengan kondisi Harvey kita perlu mencari cara lain untuk menunjukkan hal tersebut padanya," ungkap Andy.

Saat ini tidak ada pengobatan untuk kondisi tersebut, namun Harvey telah mengambil bagian dalam sebuah penelitian untuk menyembuhkan kondisinya, serta ia pun masih mampu mengikuti sekolah pada umumnya.

"Kegiatan Harvey akan dibatasi oleh penglihatannya, dan ia cenderung menjadi kurang percaya diri jika bermain di luar karena kepekaannya pada cahaya yang terlalu ekstrem," ujar Dr Tony Moore, konsultan dari Moorfields Eye Hosptial, London.

Achromatopsia adalah buta warna total dan termasuk jenis defisiensi penglihatan warna yang paling langka. Orang dengan kondisi ini akan melihat segala sesuatu dalam nuansa hitam, putih dan abu-abu, serta memiliki pandangan umum yang buruk dan sangat sensitif terhadap cahaya.




sumber