Friday, February 25, 2011

Ditemukan Kerangka Dinosaurus Terbesar di China


Ahli Paleontologi asal China mengumumkan penemuan menakjubkan mereka yang diketahui berupa fosil dinosaurus terbesar pemakan tumbuhan atau herbivora, dengan panjang 35 meter serta berat sekira 30 ton di wilayah barat laut Xinjiang, China.

Dilansir Xinhuanet, Senin (16/4/2012), kepala tim ekspedisi dan Deputy Executive Director of China Research Society of Paleontology, Sun Ge mengatakan dalam konferensi pers di Shanshan County bahwa fosil itu ditemukan dalam strata Middle Jurassic Period yaitu sekitar 165 juta tahun lalu.

Ini adalah penemuan dinosaurus terpanjang di China setelah sempat pula ditemukan fosil dinosaurus terpanjang dengan panjang 30 meter. Sun mengatakan, untuk mendapatkan fosil dinosaurus yang lengkap tim ekspedisi akan terus melanjutkan penggalian.

Tidak hanya menemukan fosil dinosaurus terbesar itu saja, anggota tim juga menemukan fosil gigi yang diketahui milik Carnosaur. "Kami berharap penggalian ini akan memantu mengungkap lebih banyak bukti yang menunjukkan apa yang menyebabkan terjadinya kematian makhluk raksasa ini," ujar Sun Ge.

Tim ekspedisi terdiri dari para ahli dari Jilin University, Shenyang Normal University dan Xinjiang Geological Survey Institute. Mereka memulai ekspedisi di wilayah Shanshan sejak Oktober tahun lalu.




sumber