Sunday, February 27, 2011

Google Meluncurkan Mobil Tanpa Supir


Mobile Google kini telah  berhasil melakukan  perjalanan  dari Nevada ke California Amerika Serikat , perjalanan demo ini  dilakukan  setelah mendapatkan izin beroperasi sebagai mobil tanpa awak dari Departemen of Motor Vehicle (DMV) Nevada,

Hal ini dilakukan guna mengantongi izin dari Pemerintah Amerika Serikat dan jika disetujui, mobil Google ini akan mulai dipromosikan kepada masyarakat pada akhir Juni mendatang. Demikian dilansir Autoevolution, Kamis (24/5/2012).


Google telah melobi pembuat undang-undang negara bagian Nevada untuk meluluskan hukum yang melegalkan untuk mengemudi mobil otomatis tersebut. Bahkan negara bagian telah membawa hal itu ke tingkat yang lebih tinggi, bila Departemen Kendaraan Bermotor Nevada telah mau memberikan SIM untuk mobil robot.

Meskipun mobil kemudi otomatis belum tersedia untuk umum, mereka telah siap untuk diuji di jalan raya umum. Perusahaan yang ingin menguji mobil tanpa pengemudi ini akan memerlukan obligasi sebesar $ 1 juta hingga $ 3 juta, tergantung pada jumlah mobil yang ingin diuji. Mobil-mobil ini wajib memiliki dua orang yang ada dalam kendaraan setiap saat, salah satunya harus mampu mengontrol kendaraan jika diperlukan.

Mobil-mobil robot juga perlu dilengkapi dengan pengumpul data dan akan diberikan plat nomor. Mobil-mobil disetujui untuk uji publik yang akan memiliki plat nomor hijau, bukan plat nomor warna biru keabu-abuan yang biasa ada di Nevada.

Sebuah ketentuan menarik untuk undang-undang baru memungkinkan operator mobil otomatis ini untuk membaca sambil mengemudi, namun tidak diijinkan untuk minum sambil mengemudi.

Google saat ini memiliki berbagai prototipe mobil otomastis tanpa sopir, tujuh di antaranya telah dikendarai 1.000 mil tanpa campur tangan manusia. Sejauh ini, hanya satu kecelakaan mobil yang dilaporkan melibatkan mobil tanpaa pengemudi buatan Google, yang diklaim perusahaan sedang dikemudikan secara manual pada saat itu.

Selain Google, perusahaan mobil lain seperti BMW, Volkswage, dan Audi sedang mengembangkan diri untuk membuat prototipe mobil tanpa sopir ini. Negara bagian lain, termasuk Florida dan Hawaii, juga sedang menggodok untuk menyetujui pengujian kendaraan tanpa sopir.



sumber