Sunday, February 27, 2011

Heboh Aturan Pria harus Pipis Sambil Duduk

 Niat Menteri Perlindungan Lingkungan Taiwan (EPA), Stephen Chen sejatinya baik, ingin meningkatkan kebersihan toilet umum di negaranya. Tapi, alih-alih sambutan positif, yang didapat justru kontroversi.

Shen mengusulkan agar pria harus duduk, bukan berdiri saat buang air kecil. Duduk di toilet seperti yang dilakukan kaum hawa, lebih menciptakan lingkungan yang bersih.

Kementerian mengakui, tak bisa memaksa para pria Taiwan untuk mengikuti anjuran itu. Minggu ini, pemerintah lokal diminta untuk memasang pengumuman di area publik. Isinya, tentu saja, menganjurkan para pria untuk pipis sambil duduk.

"Ini akan membuat tanah air kita lebih bersih, dengan lebih sedikit polusi, demikian rilis yang dikeluarkan EPA.

Anjurannya itu memicu perdebatan panas di dunia maya. Mayoritas perempuan mendukung gagasan itu, sementara kebanyakan pria mengeluhkannya. Sungguh sulit untuk menghentikan apa yang telah menjadi kebiasaan selama ini, demikian alasan mereka.

Namun Kementerian Perlindungan Lingkungan Taiwan bersikukuh, itu bisa dilakukan. "Itu yang kami pelajari dari Jepang dan Swedia," kata Yuan Shaw-jing, direktur jenderal sanitasi lingkungan dan pengolahan limbah EPA. "Di Jepang, kami dengar 30 persen prianya buang air besar sambil duduk," dia menambahkan.

Dibandingkan negara lain, termasuk Indonesia, toilet publik di Taiwan jauh lebih bersih. Sebanyak 100.000 toilet umum secara berkala ditingkatkan, baik kebersihan maupun fasilitasnya. Namun, para pejabat EPA bersikukuh, masih ada celah yang harus diperbaiki. Yakni, beberapa toilet mengeluarkan bau tak enak karena cipratan urine.

Omong-omong, apakah Menteri yang mengusulkan sudah mempraktikkan apa yang ia anjurkan? Jawabannya, ya. Pak Menteri, seperti dikonfirmasi EPA, mengaku telah lama mempraktikkan kebiasaan yang ia anjurkan. Baik di rumah maupun di kamar mandi umum.

Sebelum jadi heboh di Taiwan, awal tahun ini, cabang dari Partai Kiri Swedia mengajukan usulan, agar para pegawai pria di Dewan duduk saat buang air di kamar mandi gedung.
Selain membuat toilet dan kamar mandi lebih bersih, pejabat partai mengatakan, duduk saat buang air bersih bagus untuk prostat pria dan kehidupan seksual



sumber