Saturday, February 26, 2011

Mencegah Terjadinya Perselingkuhan









Mencari pasangan yang setia
Carilah rekan2 pasangan yang tidak suka akan selingkuh. Ini sangat menetukan jadi jangan asal pilih pasangan. Jangan asal ganteng, jangan asal cantik, jangan asal kaya, pokoknya jangan asal asalan. Jangan mau dibutakan oleh cinta. Cinta dan nafsu itu betis alias beda tipis..... (kali ya..... hehehee)

Menerima pasangan apa adanya
Setiap orang pasti ingin memiliki pasangan yang sempurna. Meski pun dia tahu bahwa tidak ada manusia yang sempurna bahkan dirinya. Pada akhirnya, untuk memenuhi keinginannya itu dia menuntut pasangannya untuk bisa menjadi seperti apa yang diinginkannya. dan ini adalah sebuah kesalahan Fatal.
Menerima pasangan apa adanya, dan berusaha memberikan yang terbaik yang kita bisa adalah cara terbaik untuk mencegah adanya selingkuh.

Memberi yang terbaik
 Berusaha menjadi yang terbaik. Manusia memang tidak ada yang sempurna. Tapi jangan jadikan itu sebagai alasan. Berusahalah menjadi yang terbaik, menjadi orang yang paling sempurna bagi pasanganmu. Kalau kamu sudah menganggap pasanganmu adalah yang terbaik begitu juga pasanganmu, menganggap kamu adalah yang terbaik buat dia. Maka tidak akan ada ruang untuk tumbuhnya benih-benih perselingkuhan. Logikanya, buat apa selingkuh? Toh, kita sudah memiliki seseorang yang terbaik yang mendampingi kita..! (harus percaya diri lah......)

Terbuka terhadap pasangan
Memendam masalah dan menyembunyikannya dari pasangan bukanlah sikap yang bijaksana. Bersikap terbuka dan mendiskusikan semua masalah untuk mencari pemecahannya bersama pasangan adalah jauh lebih baik. Selain untuk menjaga agar komunikasi berjalan dengan lancar dan menghindari kesalahpahaman, bersikap terbuka terhadap pasangan juga akan membuat pasangan kita merasa dihargai, merasa dibutuhkan, dan merasa diakui keberadaannya. Nah, dengan perasaan dibutuhkan inilah, perasaan selalu dibutuhkan inilah yang membuat pasangan kamu merasa nyaman berada di dekat kamu. Dan ini seperti sebuah kunci yang akan menutup rapat-rapat pintu selingkuh.

Saling percaya
Saling percaya diantara kita dan pasangan itu sangatnlah diperlukan. Rasa cemburu dan curiga yang berlebihan justru hanya akan membuka peluang untuk selingkuh. Siapa orangnya yang tahan kalau selalu dicemburui, selalu dicurigai. Setiap pertanyaan adalah sebuah teror. Seperti interogasi polisi terhadap tersangka aja...heheheheeee.

"Daripada repot-repot, kalau sudah tidak percaya ya putusin saja," begitu kata teman saya bilang... (kok enak aja putus begitu aja hehehee?

Selalu mencoba menjaga komunikasi
Komunikasi juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam sebuah hubungan. Kehilangan komunikasi dengan pasangan dapat menyebabkan hubungan menjadi mandeg. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa seseorang selingkuh. Seseorang yang kurang berkomunikasi dengan pasangannya, akan merasa sama dengan temannya atau orang lain yang tidak punya pasangan. Kalau sudah seperti ini godaan untuk berselingkuh sangatlah besar. Maka dari itu, menjaga komunikasi dengan pasangan menjadi mutlak diperlukan untuk mencegah selingkuh dan kualitas hubungan yang lebih baik lagi.

Mencoba menjaga sikap
Pada beberapa kasus dengan kondisi tertentu, godaan untuk berselingkuh tidak hanya berasal dari dalam diri dan faktor internal dalam hubungan antara dia dan pasangan. Tapi juga godaan yang berasal dari luar. Kita ambil contoh, "seorang pria yang dianugerahi berbagai macam kelebihan (ganteng, macho, kaya, pintar, dll yang bisa dianggap dan dikategorikan sebagai kelebihan). Pada tipe pria semacam ini, godaan untuk berselingkuh tidak hanya berasal dari dalam diri tapi terutama dari luar. Siapa sih, cewek-cewek yang nggak ingin berdekatan dengan pria seperti ini?" Maka,hal paling realistis untuk orang semacam ini adalah, menjaga sikap. Jangan terlalu banyak tebar pesona. Jangan bermain api kalau tidak ingin terbakar, dan jangan bermain air kalau tidak ingin basah kuyup..... kaya kena banjir aja yah...basah kuyup hehehehe ^_^

Senantiasa ambil langkah protektif
 Ketika kita mulai merasa tertarik kepada seseorang yang bukan pasanganmu, segera ambil langkah protektif. Menarik diri, serta menjaga jarak sebelum tumbuh perasaan yang lebih kuat dan dalam adalah sikap yang paling tepat. Membiarkan diri terhanyut dalam perasaan itu, sama halnya dengan membiarkan diri terjerumus ke dalam jurang perselingkuhan yang gelap dan dalam.... (pa lagi masuk ke dalam laut pasti lebih dalam hahahaahaha).

Mencoba menjauhi sifat buruk
 Senantiasa kita perlu menjauhkan diri dari sifat buruk yang bisa merusak hubungan dan hal-hal yang tidak disukai pasangan. Beritahukan juga kepada pasangan kita, apa saja hal-hal yang tidak kamu sukai.Ada beberapa sifat buruk yang bisa merusak sebuah hubungan, posesif, tidak jujur, terlalu banyak mengatur terlalu banyak menuntut, Egois,keras kepala, dan sifat-sifat lain yang bisa dianggap dan dikategorikan sebagai sifat buruk. Menjauhkan diri dari hal-hal tersebut sama saja dengan menjauhkan diri dari apa yang disebut selingkuh.

Menghindari sesuatu yang berbau selingkuh
 Orang bilang tontonan akan menjadi tuntunan. Nah,kalau kita sudah dituntun oleh sesuatu yang berbau selingkuh, besar kemungkinan kita akan terjebak dalam arena yang sama yaitu.....Perselingkuhan..! (kali ye...) tapi itu mungkin aja ya. Hindari berada dalam lingkungan dan pergaulan yang didalamnya tumbuh subur perselingkuhan. Ingat, lingkungan dan pergaulan akan sangat berpengaruh terhadap cara pandang dan cara berfikir seseorang. Ketika seseorang berada dalam sebuah ruang di mana selingkuh merupakan sesuatu yang lumrah, Bahwa selingkuh adalah sesuatu yang biasa, maka selingkuh baginya hanya tinggal menunggu moment yang pas. Tinggal menunggu waktu.

Menunjukkan segala bentuk perhatian
 Sekecilapa pun, bentuk perhatian dari dan kepada pasangan adalah sangat berarti. Terkadang orang lupa bahwa perhatian kecil saja, bisa berdampak besar bagi kelangsungan sebuah hubungan. Ada hal kecil bila dilakukan akan berdampak cukup besar bagi keharmonisan sebuah hubungan. Contohnya :
- Senyum, sesuatu yang sangat mudah dilakukan tapi sering dilupakan. Senyum, hal kecil yang bisa berdampak besar dan membuat sesuatu yang luar biasa bagi orang yang melihatnya, terutama pasangan.
- Sesekali merayu dan memberikan pujian. Terkadang rayuan segombal apa pun bisa sangat bermanfaat, terlebih kalau momennya pas.
- dll

Istilah Tresno Jalaran soko kulino
 Rasa cinta terhadap lawan jenis bisa timbul karena seringnya bertemu dan berduaan. Karena itu sebisa mungkin hindari untuk pergi berduaan bersama lawan jenis yang bukan pasanganmu. Kita juga harus pandai menentukan batasan-batasan, mana yang boleh mana yang tidak. Yang sekiranya rawan dan berbahaya, sebaiknya di hindari saja.

Membentengi diri
 Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah membentengi diri. Kita bisa menanamkan sebuah pemahaman dalam diri kita bahwa selingkuh itu dosa dan tidak dibenarkan. Selingkuh itu salah walau dengan alasan apa pun “tak selamanya selingkuh itu indah”. Perselingkuhan selalu saja diakhiri dengan kekecewaan rasa sakit. Kasus paling hangat tentu saja Anang dan Krisdayanti. Semua itu bisa dijadikan contoh betapa selingkuh berdampak buruk pada akhirnya.....(heheheee kali ya mudah2an tdk seperti itu adanya)

Berusaha menjadi orang yang setia
 Sebenarnya cara paling ampuh untuk mencegah selingkuh tidak berasal dari luar, tidak berasal dari ajakan orang lain, tidak juga dari bacaan-bacaan atau tips cara-cara mencegah selingkuh. Tapi dari dalam diri orang itu sendiri. Dari dalam diri seseorang yang memang tidak mau selingkuh, tidak mau mengkhianati pasangannya. Dari dalam diri seseorang yang selalu berusaha dan belajar untuk menjadi orang yang setia. Setia terhadap pasangan, setia terhadap janji-janji, dan setia terhadap cintanya.