Saturday, February 26, 2011

Nyeri Otot? Kopi Obatnya

Kopi Bisa Menghilangkan Nyeri OtotKopi ternyata bisa menjadi obat penghilang rasa sakit atau lebih dikenal dengan painkiller. Penelitian terbaru dari beberapa spesialis dari Universitas Oslo, Norwegia, menyatakan bahwa konsumsi kafein pagi hari terbukti mampu menghilangkan rasa sakit terutama pada bagian otot.

Di tengah banyaknya argumen antara para dokter mengenai bahaya dan manfaat kesehatan kopi selama bertahun-tahun, penemuan terbaru ini menjadi bukti bahwa minuman berwarna hitam ini juga menyehatkan, Selasa (25/9).

Dalam percobaan yang dilakukan para dokter seperti diwartakan laman Genius Beauty, dengan melibatkan 48 pekerja kantoran mereka memulai penelitiannya. Para relawan tersebut diberikan tugas-tugas rutin selama satu setengah jam duduk di depan komputer, namun tidak diizinkan untuk berdiri. Secara periodik, dokter menanyakan peserta tentang adanya nyeri statis. Yaitu rasa sakit yang terjadi ketika tubuh telah lama berada di posisi yang sama (misalnya, selama bekerja komputer).

Hasilnya, 40 persen dari peserta tak mampu mengatasi nyeri. Sementara 60 persen lainnya tak dapat menahan rasa nyeri. Ternyata kelompok pertama meminum secangkir kopi sebelum bekerja, sedangkan kelompok kedua yang merasa sangat tidak nyaman terutama di belakang leher tak mengonsumsinya.

Kelompok pertama yang mengonsumsi kopi mengaku tidak merasakan ketegangan statis, bahkan jika ada beberapa ketidaknyamanan mereka masih bisa menahannya. Dengan hasil tersebut, para dokter pun telah berhasil membuktikan bahwa kafein mampu bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit ketika tubuh mengalami ketegangan otot. (TNT/MEL)



sumber