Friday, February 25, 2011

Swedia Bangun Jalan Tol Khusus Pengendara Sepeda




Jalan bebas hambatan tersebut dibangun sejauh 12, 1 mil yang menghubungkan kota Lund dengan kota Malmo.

Swedia sebagai salah satu negara di kawasan Skandinavia, berencana untuk melangkah lebih jauh dalam hal pelestarian lingkungan lewat pembangunan jalan bebas hambatan (super highway) khusus untuk kalangan pengendara sepeda.


Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah kota di negara ini secara agresif mempromosikan aktifitas bersepeda dengan membangun jalan bebas hambatan yang lebar, menjangkau jarak jauh, dan sering secara fisik dipisahkan dari jalan biasa untuk kendaraan lainnya.

Guna mendukung masyarakatnya, pemerintah Swedia tengah mengajukan sebuah proposal untuk membangun sebuah jalan bebas hambatan (superhighway) khusus untuk pengendara sepeda dengan panjang 12,5 mil yang akan menghubungkan kota Lund menuju kota Malmo.

Rencananya, jalan bebas hambatan untuk sepeda ini dibangun dua jalur dengan pagar pembatas dan lansekap yang terpisah dari lalu lintas biasa sekaligus memberikan perlindungan dari angin kencang.

Adapun total biaya yang dibutuhkan untuk membangun proyek ini sebesar US$ 7,1 juta atau sekitar Rp 66,7 miliar.

Pihak pemerintah kota Malmo sendiri telah berkomitmen untuk menyediakan pembiayaan sebesar US$ 4,1 juta atau sekitar Rp 38,5 miliar dan sisanya diharapkan berasal dari pembiayaan yang diberikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah kota Lund



sumber