Saturday, February 26, 2011

Warna Ungu Bisa Bikin Awet Muda

Warna Ungu Bisa Bikin Awet Muda 
Terlihat muda dari usia yang sebenarnya atau yang sering disebut awet muda adalah incaran setiap orang terlebih kaum perempuan.
Berbagai cara akan dilakukan untuk mendapatkannya mulai dari perawatan dan mengkonsumsi makanan sehat, buah serta sayur berwarna.
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa banyak mengkonsumsi buah dan sayur-mayur yang berwarna ungu akan membuat tampilan seseorang menjadi lebih muda.
Berdasarkan penelitian, sayuran dan buah berwarna ungu, seperti terong, kubis ungu, bawang merah, ubi jalar, anggur, kismis, plum dan blackberry, juga kaya akan zat-zat yang diperlukan untuk menyehatkan tubuh.
Nah, selain buat tampilan awet muda, berikut beberapa manfaat banyak mengkonsumsi sayuran dan buah yang berwarna ungu.
Cegah penuaan dini
Sayuran dan buah berwarna ungu memiliki zat pigmen yang disebut antosianin, sebuah antioksidan yang kuat dan menjadi pelindung untuk mengurangi risiko kanker, meningkatkan daya ingat dan mencegah penuaan dini.
Buah dan sayuran berwarna ungu juga mengandung komponen flavonoid, yang bernama resveratol. Kandungan ini terbukti menghambat endothelin-1 yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung, bermanfaat bagi sistem kardiovaskular dan dapat menyehatkan jantung.
Juga memperlancar aliran darah ke otak, mengurangi risiko stroke, mencegah kanker dan sebagai anti peradangan.
Cegah kanker
Mengonsumsi makanan berwarna ungu juga mengandung ellagic acid atau asam elagik. Penelitian Dr. Daniel Nixon dari Medical University of South Carolina (1993) menunjukkan bahwa asam elagik dapat melawan dan menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghentikan proses mitosis (pertumbuhan sel).
Buah berwarna ungu juga sebaiknya banyak dikonsumsi oleh wanita. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam elagik dapat mengurangi efek dari estrogen dalam memengaruhi pertumbuhan sel kanker payudara.